Jangan Terlena

Jangan Terlena
oleh Alikha Rizkya, 2016
 


Assalamu’alaikum, shalihah! Bagaimana Ramadhanmu? Sudah pergi kan tamunya? Yuk jangan terlena!
Memulai ritme ibadah di bulan Ramadhan jadi tantangan tersendiri ya setelah datangnya haid karena ketika masa haid itu para perempuan tidak menjalankan ibadah seperti biasa; sholat, tilawah, dan lain sebagainya. Tidak jarang kita sebagai perempuan harus berusaha ekstra lagi untuk mengembalikan semangat dalam menjalankan ibadah seperti sebelum datang masa haid. Apalagi, jika periode masa haid yang dialami cukup lama, misalnya lebih dari tujuh hari. Setelah haid selesai, ada yang dengan semangatnya memulai ibadah penuh kembali dan ada juga yang masih terbawa suasana hati saat haid.
Kira-kira, kita ada di posisi yang mana ya? Yang penting, jangan terlena!
Lalu, kira-kira apa ya yang harus kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut? Nah, Delima punya beberapa tips nih, shalihah!
  1. Menjadikan setiap ibadah yang kita lakukan merupakan suatu kebutuhan, bukan hanya sebatas penggugur kewajiban. Dengan begitu, walaupun semangat beribadah kita sedang menurun, kita akan tetap berusaha untuk menjalankan ibadah karena kita akan merasa ada yang kurang ketika tidak menjalankan ibadah seperti biasa.

  2. Terus berusaha untuk meluruskan niat dalam beribadah karena jika niat kita sudah lillahita’ala, insyaAllah tidak akan ada lagi alasan untuk malas dalam beribadah. Allah SWT berfirman: “Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah).” (QS. Al-An’am: 162-163)

  3. Menjadikan Ramadhan sebagai momen memperbaiki diri dan memperoleh banyak kebaikan. Ramadhan adalah bulan yang baik dan di dalamnya terdapat banyak kebaikan yang dilipatgandakan. Percayakan bahwa amalan sesederhana apapun akan mendatangkan pahala dan kebaikan. Jadikan Ramadhan sebagai momen yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita, shalihah!

Nah, itu adalah beberapa tips ketika rasa malas dalam beribadah datang. Semoga bermanfaat ya. Semangat Ramadhan, selamat menyibukkan diri dalam kebaikan!

Comments

Popular posts from this blog

Pengumuman Staff FUSI XV

Konsep Dasar Manusia: FreeWill atau Determinism?

Bagaimana Gambaran Jiwa yang Sehat Dalam Pandangan Islam?